Thursday, March 2, 2017

After all this time..

Yaampun, udah bulan ketiga tahun 2017. Time flies too fast, dont you think?

Biasanya, setiap akhir dan awal tahun saya selalu nulis tentang ucapan terimakasih ke tahun lalu atas semua-mua pelajaran, atau cuma ngedeskripsiin tahun itu seperti apa. Tapi 2 tahun terakhir tidak lagi karena... sedang dalam euforia. Bukan, bukan euforia yang sesenang itu. Wkwkwk. Awal 2016 memang sebenar-benarnya euforia, tapi awal 2017, tidak. Sama sekali tidak. 


 Kalau begitu, halo, 2017! Sudah 2 bulan 3 hari saya diizinkan untuk ada pada setiap titik hujan yang turun di 2017, sudah 2 bulan 3 hari saya diizinkan melihat apa yang tidak ingin saya lihat, dan sudah 3 bulan 2 hari juga saya diizinkan untuk berdiri, berdiri lagi, sendiri. Lalu setelahnya diizinkan untuk melihat ke belakang sudah berapa jauh saya melewati titik itu dan akhirnya sampai pada fase bersyukur karena kita tidak pernah tau, kalau sesuatu yang hilang bisa jadi membentur, membentur, lalu membentuk.

Iya, terbentur, terbentur, terbentuk.


Untuk apapun yang terjadi di bulan Desember-Januari, September-Oktober, atau bahkan bulan-bulan sebelumnya, kalian adalah sumber tenaga saya. Tenaga untuk tahu seberapa lemah saya dan seberapa beraninya saya untuk kembali berdiri. Kembali berjalan, kembali menyapa 2017. 


Walaupun kita selalu tahu, untuk sembuh adalah proses, untuk memaafkan adalah kebutuhan atas damai di dalam diri, dan untuk tumbuh adalah melepaskan. Iya, prosesnya panjang dan bahkan saya tidak tahu hambatan apa yang akan muncul. Karena hati tidak bisa ditebak, karena hati mudah dibolak-balik, dan karena apa yg tertuanglah yang akan menjadi salah, bukan hati. 


Tapi saya juga tahu, sedalam apapun, sesakit apapun, selalu ada rumput yang dapat menutupi dan kembali menghijaukan, kan? 

Selalu ada kegiatan yang dapat mengalihkan, kan?

Selalu ada yang mau mendengar, kan?

Selalu ada yang melapangkan datarannya untuk sujud, kan?


Untuk kesekian kalinya dalam blog ini. La tahzan, inallaha ma'ana.

No comments:

Post a Comment